KEBERANIAN MENTAL


Oleh U’un Arifien (Kwee Ping Oen)

mmexport1450094279416

Keberanian Mental @SelfyparkitHappylife

Orang yang tidak waspada dalam kehidupan ini sering tergelincir pada keadaan:
– Ketidaksenangan dalam samaran kesenangan.
– Tidak ada cinta dalam samaran cinta.
– Penderitaan dalam samaran kebahagiaan.

Kalau kita sedang menderita atau stres karena urusan dengan kesehatan, dengan pasangan, dengan keuangan, atau dengan apa saja,  kita harus berani mengakui kenyataan hidup itu. Memang hal itu tidak mudah, harus ada keberanian mental untuk mengakui kenyataan yang ada.

Selera dan ekspektasi kita dalam hidup ini adalah ingin bahagia, ingin sehat, ekonomi longgar, suami atau istri pengertian. Tetapi kenyataanya tidak selalu sama dengan selera kita. Karena itu biar pun berat dan pahit, kita harus mau menerima kenyataan yang ada, maka dengan begitu kita akan mempunyai sikap bijaksana.

Sebaliknya kalau kita tidak mau dan takut melihat kenyataan itu atau pura-pura tidak ada masalah, tidak punya uang berlagak kaya, keluarga ada kasus pura-pura keluarga hamonis, itu semua adalah sifat kekanak-kanakan dan akhirnya kita akan terpicu mengambil langkah-langkah yang tidak bijaksana.Mereka yang mengukuhi segala sesuatu itu kekal abadi adalah orang yang paling tidak bahagia di dunia ini. Sebenarnya, dalam menjalani kehidupan kesanggupan kita ditantang untuk mengubah cara berpikir dan tindakan kita dengan mata terbuka memandang kenyataan hidup.

Jangan mimpi terus!

Hidup dalam mimpi itu memang paling nyaman, tetapi membawa bom waktu, dan kalau waktunya sudah cukup, maka bom itu akan meledak. Kalau bom itu meledak barulah kita terbangun dari mimpi sekaligus dengan penderitaan yang terasa sangat berat.

img_0033

Sebenarnya kalau kita punya mental kuat, tantangan kita adalah mengubah cara berpikir dan yang pertama kali adalah menyadari bahwa di dunia ini akan selalu mengalami perubahan. Bagaimana agar menjadi berani?  Tidak lain kita mengubah cara berpikir kita sesuai dengan kenyataan. Pandanglah penderitaan, kesulitan yang berdampak pada keuangan, atau ada masalah dengan keluarga atau pasangan adalah kenyataan hidup. Janganlah melarikan diri, jangan patah semangat untuk kerja keras memperbaiki permasalah, bertahanlah dalam ketegaran. Hidup adalah perjuangan untuk sampai pada kebahagiaan dan melewati penderitaan, karena seperti kata orang bijak kebahagiaan ada di tikungan jalan.

Tak ada orang hidup tanpa masalah. Anggaplah masalah itu sebagai kewajaran saja dan kita ikhlas menghadapinya. Pengertian ini penting agar kita tidak terlalu banyak berpikir negatif, agar beban pikiran bisa diletakkan dan pikiran menjadi lega.

Kita ingin hidup tenteram dan bahagia, janganlah rasa marah merusak hal penting di masa depan kita, sebaliknya kita juga harus memaafkan dan membebaskan diri kita dari rasa  bersalah yang berkelebihan sehingga ke depan hidup kita menjadi lebih enteng. Orang bijaksana bukannya tidak pernah berbuat kesalahan, tapi jika ada kesalahan dia lebih banyak memperbaiki daripada menyesali. Marilah kita mulai melangkahkan kaki untuk memperbaiki dengan hati sabar, dan berani melihat realitas, dan terakhir mohon berkat Tuhan.

opa U'unPenyunting: Chuang

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s