Mengambil Keputusan


By U’un Arifien (Kwee Ping Oen)

img_6196

“Mengambil Keputusan” @selfyparkit.wordpress.com


Di dalam kehidupan ini kita harus selalu memilih, setiap saat di sepanjang hari kita harus
memutuskan akan memusatkan perhatian kepada apa, harus memikirkan apa dan harus melakukan apa. Tetapi sering kali kita mengikuti pola perilaku

yang otomatis, kita langsung menyimpulkan, atau langsung bereaksi sesuai kata hati dan memikirkan pikiran yang berulang yang dirasakan lebih memuaskan. Kita semua pasti sudah pernah merasa bimbang dengan perasaan tidak nyaman, untuk menghindari ketidaknyamanan itu maka sering kali kita cepat bereaksi dan mengambil keputusan yang lagi-lagi dengan pola lama,

Hambatan lain dalam mengambil keputusan yang baik itu adalah kita kadang-kadang takut salah, akhirnya kita jalan ditempat, tidak maju-maju, alih-alih menciptakan peluang, pasti tidak bisa.

Kita sering lupa bahwa hidup kita selama ini adalah hasil dari keputusan-keputusan yang sudah kita ambil sebelumnya.

img_0066Untuk mengambil keputusan yang lebih baik kita tidak boleh terburu-buru, kita seharusnya menunda sebentar untuk mundur, untuk memikirkan situasi secara rinci dan semua pilihan yang ada. Dengan mundur sejenak biasanya kita lebih bisa melihat peluang untuk bertanya “Apa yang sebenarnya terjadi sekarang ini?”, “Mengapa ini jadi masalah saya?” Dari sana dapat membantu kita untuk menyadari untuk berhenti sejenak, untuk berpikir ulang.

Dalam situasi seperti ini kita harus menyadari bahwa kita tidak akan selalu bisa mengambil keputusan yang benar, namun kita bisa membuat keputusan kita benar. Artinya apa pun yang telah kita putuskan, hasil dari keputusan kita memberikan pelajaran yang sangat berharga, makanya jangan takut salah, karena kesalahan itu membuat kita lebih pintar.

Contoh yang paling mudah: jika di atas meja ada sebuah mangkuk berisi sup hangat, bagaimana kita tahu apakah rasanya cocok dengan selera kita? Kita harus memutuskan untuk mencoba rasa sup itu barulah kita tahu cocok atau tidak.

Jadi setiap keputusan pasti akan memberi pelajaran kepada kita.

Oleh karena itu jangan menunda, ambilah keputusan, dengarlah masukkan dan kemudian lakukan penyesuaian.

Sebenarnya tidak ada satu orang pun yang sengaja mengambil keputusan yang salah agar hidupnya jadi sengsara, tetapi tidak sedikit orang yang mengambil keputusan yang sebelumnya penuh keraguan namun unjung-ujungnya malah menguntungkan luar biasa. Sebaliknya ada yang tadinya saat mengambil keputusan yang dianggap benar, saat berhasil senang luar biasa, tetapi ujung-ujungnya membuat sengsara sampai anak cucu (lihat pejabat-pejabat negara hasil tangkapan KPK)

ITULAH KEBENARAN  HIDUP.

Sesungguhnya hidup selalu tidak stabil. Kadang-kadang terjadi apa yang diharapkan tidak datang, dan sebaliknya yang tidak diharapkan malah muncul.

Jadi sebenarnya kita harus punya pengertian bahwa setiap keputusan yang kita ambil, kita harus bertanggungjawab dengan apa yang telah kita putuskan. Tidak ada keputusan yang benar dan tidak ada keputusan yang salah selama kita bertanggungjawab untuk memperbaiki jika hasilnya kurang tepat.

opa U'unPenyunting: Chuang

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s